Sistem CHIP untuk ANGKOT

Tulisan dibawah hanya lamunan belaka. Tapi mungkin suatu saat bisa direalisasikan? Hehe.

 

Salah satu permasalahan di kota Bandung saat ini –seperti kota kota besar lainnya– adalah kemacetan lalu lintas, terutama di jam-jam sibuk baik pagi maupun petang di hari kerja. Kemacetan ini berdampak negatif terhadap banyak hal

 

Sementara itu, pertumbuhan kendaraan pribadi semakin tidak terbendung, kendaraan pribadi semakin banyak dari hari ke hari.

Salah satu mengapa masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibanding angkot adalah:

  1. Angkot seringkali ngetem, sehingga memakai angkot akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding memakai kendaraan pribadi.
  2. Angkot rawan keamanannya dibanding pribadi.

 

Dengan semakin ditinggalkannya angkot dan orang memilih kendaraan pribadi, maka kemacetan pun kian bertambah parah, dan angkot yang makin sedikit penumpangnya pun turut memperparah kemacetan.

 

Akhir-akhir ini saya terpikir dengan sebuah ide yang mungkin bisa menjadi solusi permasalahan pelik di ranah transportasi umum ini. Yakni: Sistem Chip untuk Angkot.

 

Jadi, di tiap pintu angkot dipasang chip atau suatu alat sensor. Hanya bisa dibuka di halte-halte tertentu yang dipasang alat untuk pembuka pintu angkotnya. Jadi percuma saja angkot mau ngetem sembarangan juga karena tidak bisa buka pintunya. Jarak halte bisa misal tiap 100 meter, jadi orang juga maks jalan kaki 50 meter.  Jika kondisi trotoar dalam kondisi nyaman (tidak panas, banyak pepohonan, lebar trotoar cukup), jarak antar halte bs dibuat 200 meterj. Jadi angkot tidak akan terlalu sering berhenti. Bandung makin sehat dan Bebas Polusi 🙂 Terus, orang bayarnya bisa pakai uang elektronik,, sehingga praktis.

Yang perlu menjadi concern di sistem ini adalah:

  1. Keandalan sistem. Sistem chip harus andal dan tidak bermasalah, karena sekali bermasalah bisa menurunkan kepuasan pelanggan.
  2. Kesiapan masyarakat. Baik dari sisi driver maupun penumpang, semua harus siap menghadapi kenyataan ini, bagi driver harus disiplin, dan bagi penumpang harus mau rela jalan kaki dan naik/turun di tempat yang tepat.
  3. Dukungan Pemerintah.

Sekian 🙂

 

 

Advertisements

Anakku lahir!

TRICHAPTER KELAHIRAN ANAK PERTAMA SAYA

 

CHAPTER SATU – 13 April 2017

 

Yay, kami sudah membeli barang-barang keperluan bayi pertama kami, di Lavie Baby House, di Jalan Imam Bonjol, Bandung. Berikut listnya:

 

  1. Stroller untuk Bayi usia 0-3 tahun
  2. Kelambu Tenda
  3. Baby Bath/Jolang/Tempat Mandi Bayi
  4. Popok Cloth Diapers (Clodi) 1 buah plus refill 3 buah
  5. Sleeping Bag
  6. Perlak,
  7. Handuk Bayi
  8. Gurita utk Ibunya
  9. Popok kain 23 pcs
  10. Sarung Kaki & Tangan, 3 pasang
  11. Baju Bayi 0-3 bulan, 10 buah termasuk dalaman
  12. Celana Panjang Bayi, 6 buah
  13. Waslap Bayi, 3 buah
  14. Gunting Kuku Bayi
  15. Kain Kassa Alkafil
  16. Bedong Bayi, 16 buah
  17. Cologne Bayi, Cotton Bud, Sabun&Sampo, Minyak Telon
  18. Kaos Kaki, 2 pasang
  19. Gurita Bayi, 6 buah

 

 

Orang sudah mulai bertanya “kapan lahir?”, “kok ga lahir-lahir?”, dll. Dari sejak usia kandungan 38w-40w, istri saya mulai rutin jalan kaki dengan dosis 2 x 30 menit, masing-masing pagi dan sore. Sepertinya itu memberi efek karena di tanggal 13 April 2017 yang merupakan hari perkiraan lahir (istri) saya ini, dan ketika kami bangun subuh tidak ada pertanda kelahiran bayi kami akan datang, jadi kami melakukan aktivitas spt biasa.

Namun sesaat ketika akan tilawah, tiba-tiba saja istri saya keluar flek! Kami pun bergegas ke RSIA Limijati. Setibanya disana, kami (lebih tepatnya istri saya) direkam jantung dedeknya, diukur seberapa sering kontraksi, dan kekuatan kontraksi, ohya.. dan cek dalam, ternyataa belum bukaan 1, jadi kami diminta jalan-jalan dulu.

 

Dengan segenap hati, kami menyusuri jalan trotoar di sepanjang jalan ternate, jalan ambon, jalan aceh, lalu berbelok di jalan sumatera (wow kayak lintas pulau gitu yah, hehe). Ohya, itu semua ada di bandung lho ya. Lalu kami muter-muter di BIP, makan-minum, terus foto maternity di seruni photo studio jl.merdeka, and thenn balik lagi ke Limijati.

 

Dan setelah berjalan sehariaan dari sekitar jam 10 pagi sampai jam 15 (ada istirahat-istirahatnya sih), apakah ini berefek saudara-saudara?

 

“Bukaan 1” celetuk suster RS.

 

Kami pun diminta pulang. Istri saya masih bisa banyak senyam senyum cengar-cengir sampai kami tertidur sekitar pukul 9 malam.

 

CHAPTER DUA – 14 APRIL 2017

 

Sekitar pukul tiga dini hari saya tetiba terbangun lalu istri seperti meringis kesakitan karena kontraksi. Kami pun siap-siap dan segera pergi ke rumah sakit.

Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk mencapai rumah sakit, tiba di RS sekitar jam 4:20 pagi. Setiba disana, kami disambut pak satpam yg menawarkan kursi roda karena melihat istriku kesakitan. Namun istriku menolaknya.

Menuju lantai 2, masuk ke ruang observasi, dan si suster bergumam: “Bukaan dua”

 

Hmm.. singkat cerita, begini kira-kira kronologisnya

 

Bukaan 1: 13 April – sekitar jam 16:00

Bukaan 2: 14 April – sekitar jam 04:30

Bukaan 3: 14 April – sekitar jam 12:00

Bukaan 4: 14 April – sekitar jam 19:30

Bukaan 6: 14 April – sekitar jam 21:30

Bukaan 8: 14 April – sekitar jam 23:30

Bukaan 10 (PENUH): 15 April – sekitar jam 01:00

 

 

CHAPTER TIGA – 15 April 2017

 

Istriku mulai diminta mengejan yang mana susternya baru satu dan dia kadang pindah ke ruangan bersalin lain karena disaat yang sama ada 2 orang yang mau melahirkan!

Dan sepertinya dokter kandungan yang menangani kami, dr Yena M. Yuzar, sedang menangani pasien lain yang sedang melahirkan juga. Oh tidak!

 

Sebenernya saya agak panik, tapi yah insyaAllah semua sudah diatur sama Allah. Yakin aja. Jadi saya fokus untuk menenangkan istri saya. Ohya, istriku ini dapat kamar bersalin yang VIP soalnya 2 kamar bersalin yang biasa sedang penuh dipakai, Alhamdulillah, hehe.

 

Ibu mertua dan ibu saya ikut menemani. Air hangat dan madu mesti sedikit-sedikit diminum buat istri saya biar ada tenaga, karena istri saya kadang muntah-muntah dikit gitu.

 

Sekitar jam 01.00 dokter Yena datang, dan saya sempat nguping beberapa suster bisik-bisik: kalo ga turun-turun juga, kemungkinan operasi.

 

What!? Saya ga tega kalo istri saya udah menderita gini malah akhir-akhirnya operasi. 2x nanti sakitnya. Mening sekalian aja deh. Makanya saya langsung semangatin terus istri saya, “dikit lagii, ayoo, tinggal beberapa langkah menuju garis finish!”

 

Daan..

 

Alhamdulillah, detik yang ditunggu-tunggu tiba juga, pukul 01:19, lahirlah ke dunia fana ini anak kami yang langsung menangis! Senangnya bukan main. Apa yang kami harap dan usahakan hadir juga di depan kami. Terima kasih sebanyak-banyaknya ya Allah. Nikmat mana lagi yang kami dustakan? Semoga tidak ada. Semoga kami selalu menjadi hamba-Mu yang bersyukur, kapanpun, dimanapun. Aamiin.

 

Ohya, berat bayi kami pada saat baru lahir adalah 3820 gram. Cukup besar dan beberapa kaget karena bisa dilahirkan secara normal. Alhamdulillah, berkat kuasa Allah semua bisa terjadi.

 

***

 

Setelah ini kami harus memberi nama ya. Hmm, Berbulan-bulan kami mikirin nama apaa ya yang pas buat buah hati pertama kami.. Hmm..

 

Setelah kami dulu coba ke toko buku/perpustakaan, buka al-qur’an, liat tokoh-tokoh sejarah dari zaman nabi Adam sampai Muhammad dan setelahnya, tanya ortu/teman, coba-coba generate nama sendiri, rangkai nama, coba-coba buat algoritma pemrograman untuk combine semua nama dari semua situs nama anak yang mana ternyata gagal dan akhirnya tetep cari secara manual,

Kami mulai memilih-milih nama yang menurut kami terdengar bagus dan tentu saja bermakna positif dan berkarakter.. daan berikut namanya:

 

Bismillahirrahmannirrahim

 

Gizan Gineal Ahnaf

 

Artinya: Pejuang yang berani, kuat, cerdas, tampan, ramah, mudah bergaul, dan lurus.

 

Panjang yah artinya? Hehe. Doain aja ya agar anak kami memiliki karakter yang persis dengan arti yang tersemat dalam namanya J Aamiin.

Surga

Syarat mendapatkan tiket masuk surga tidak pernah berubah dari sejak zaman Adam hingga detik ini dan selamanya. Begitupun dengan syarat mendapatkan tiket masuk neraka.

Kedua tempat tersebut memiliki beberapa hal yang jelas berbeda.

Surga, memiliki peradaban yang sangat canggih, segala yang kita inginkan bisa kita dapatkan disana.
100% kebahagiaan
0% rasa dukacita

Kebahagiaan itu muncul ketika kita sudah tidak lagi merasa memiliki apa-apa dan karena semua itu milik Tuhan, dan hanya kepadaNya lah kita akan kembali 🙂

Pentingkah Organik?

Semakin hari, saya semakin sering mendengar dan melihat produk-produk organik baik di dunia online maupun offline (toko buah/sayur), misalnya bayam organik, kangkung organik, dll. Produk-produk organik ini bisa terbilang mahal dibanding yang non-organik. Lantas apa ya yang membedakan produk yang organik dan non-organik?

Pangan Organik adalah Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.

Penting ga ya organik? Menurut saya sih iya penting banget, karena:

  1. Makanan organik tentu lebih sehat daripada yang tidak, meski banyak yang bilang “ah makanan non organik ga pengaruh banget ke tubuh”, tapi i do believe that makanan non organik, sedikit demi sedikit akan memengaruhi kesehatan tubuh di masa yang akan datang, disadari atau tidak.
  2. Ramah Lingkungan. Makanan organik diproduksi dengan cara diberi pupuk dan pestisida yang alami, sehingga tanah tempat bercocok tanam akan tidak rusak. Berbeda dengan pertanian yang diberi pupuk non-organik.

Hmm, apa lagi ya. Ntar aja deh ya klo kepikiran lagi 😀

Link eksternal: https://www.voaindonesia.com/a/penggunaan-pestisida-di-kalangan-petani-kian-memprihatinkan/2440832.html

Daftar Gedung Pernikahan di Bandung

Dear bloggers, di postingan kali ini saya ingin share informasi gedung pernikahan di Bandung. Kalo kamu mau cari gedung buat nikahan, ayo segera kontak nomor-nomor yang tertera di tabel di bawah sebelum diambil orang lain 😀

 

NO. Nama Gedung Alamat Telepon Kapasitas Luas Gedung Fasilitas Harga Sewa (awal 2016)
1 Graha Sativa Jl. Soekarno Hatta No. 711 A 022-7303095 ext. 307, 309, 081320511903 (Bu Kokom) 500 – 900 500 m2 Masjid Baitul Makmur 11.000.000
Area Parkir 100 kendaraan
Daya Listrik 6600 Watt
Genset 35.000 Watt
Unit Sound System
Kursi lipat 100 Buah
Panggung Pelaminan uk. 10 m X 2.5 m X 25 m
2 Unit AC
Floor Standing Dust
2 Rotary Power Full Fan
Sarana Air Bersih
Ijin Keramaian
Petugas Keamanan dan Kebersihan Gedung
Mercury Lamp
2 Serasan Sesko TNI Jl. RAA Martanegara No. 45 Gedung Sarasan dan Gedung Serbaguna 15.000.000
Masjid Jannatul Ma’wa
Panggung Pengantin
Panggung Kesenian
Kursi 200 Buah
AC
085220808179 (Kapten Laut Koswara) Tempat Parkir
0813951114888 (Lettu Cba Enang Sutardi) Sound System
089654011739 (Asti) Meja Akad
Listrik 10.000 Watt
Kamar Rias
Karpet Akad
Bantal
Toilet dan Air Bersih
Petugas Keamanan
3 Grha Len Jl. Soekarno Hatta No. 442 081320290775 (Bu Elis), 022-5202682 ex. 520 1000 32 m X 18 m X 3 m Panggung Pelaminan uk. 8.7 m X 5.4 m 9.000.000
Kursi 150 Buah
Ruang Keluarga (VIP)
Ruang Rias
Stand Makanan (Permanen) uk. 2.3 X 0.55 m (2 Stand), 2.44 X 0.55 (3 Stand)
Keamanan
Cleaning Service 5 Orang
Masjid
Listrik 12.000 Watt
Ijin Kepolisian
Dapur (Basement)
Fasilitas di Luar Gedung:
AC Rp 100.000 / unit
Tenda uk. 24 X 6 m bentuk plafon Rp 12.500 / meter
Tenda uk. 24 X 6 m bentuk 1/2 dekor Rp 20.000 / meter
Tenda uk. 24 X 6 m bentuk Full dekor Rp 40.000 / meter
Panggung Musik Rp 35.000 / meter
Kursi Lipat Rp 3000 / buah
Meja Bulat Rp 5000 / buah
4 Sentral Bisnis (Senbik) Jl. Soekarno Hatta No. 729 C 1500 Listrik 33.000 Watt Siang 13.000.000
022-7320143 Sound System 4400 Watt Malam 14.000.000
Kursi Lipat 200 buah
AC Dinding 8 unit
Tempat Parkir luas
Keamanan
Perlengkapan akad nikah di masjid
Genset
5 Perhutani Jl. Soekarno Hatta 081220642412 (Pak Dadan/ Ibu Dede) 1050 m2 Masjid 19.800.000
AC
Parkir 300 mobil
Kursi 100 Buah
6 Gd. Antapani Jl. Antapani 089507728551/ 081320629629 (Bu Wali) Kursi 50 Buah Satu set (paket)
Meja VIP 4 Buah
7 Istana Muara Jl. Muara 022-5204709 (Bu Siska) 1200 Kursi 200 Buah 21.000.000
Litrik 23.000 Watt
Genset
Karpet Jalan
Buku Tamu
Full AC
Parkir 400 Buah
Sound System 5000 Watt
8 Puri Cipaganti Jl. Cipaganti 082129183560 (Pak Agus) 1000 Kursi 150 Buah 7.500.000
Pelaminan
Panggung Musik Rp 35.000 / meter
Parkir 80 Kendaraan
9 Gd. Wanita Jl. Riau No. 84 022-4233371 / 085721465000 (Pak Saefudin) 1000 Kursi 300 Buah 8.800.000
Kursi Pelaminan
Musik
Ijin Keramaian
Litrik 17.000 Watt
AC 6 Unit
10 Gd. Geologi Jl. Diponegoro 08122192825 (Bu Siti) sedang renovasi
11 Gd. Seskoad Jl. Gatot Subroto 081394009080 (Pak Harso) 1200 Kursi 150 Buah 13.000.000
AC 20 unit
Kamar Rias
Panggung Pelaminan
Listrik 1000 Watt
Masjid
12 Balai Sartika/ Bikasoga Jl. Buah Batu 081321049220 (Pak Mamad) Kursi 650 Buah 22.000.000
AC 20 unit
Pelaminan Lengkap
13 Gd. TNI Pusseniv Jl. Supratman Kursi 13.500.000
AC
Masjid
14 Gd. Unpad Jl. Dipati Ukur 08122101498 (Jeffry)
15 Graha Antariksa 1500 Meja Penerima Tamu 2 Buah 7.000.000
Kursi Lipat 150 Buah
Listrik 8000 Watt
Panggung Permanen
Umbul – umbul besar 1 Buah
Ijin Keramaian
Tempat Parkir Luas + Petugas
Genset 5000 Watt
AC
Cleaning Service dibiayai Rp 500.000
16 La Gardena – Kopo Square Jl. Raya Kopo Bihbul No. 45 022-5421806 / 081572690123 Hall B 710 25 X 18 m2 (dalam) Panggung 15.000.000
26 X 17 m2 (luar) AC
GrandBallroom 1600 25 X 36 m2 Kursi 20.000.000
Ruang Pengantin
Ruang Persiapan
Listrik
Parkir VIP
17 Selasar PT. DI Jl. Pajajaran No. 154 85295459566 7.500.000
18 GSG Biofarma 08157189149 / 022-2037637 (Pak Budi Setiawan) Panggung Pelaminan Permanen 18.500.000
Full AC Central
Sound System + Operator
Kamar Rias
Toilet
Kursi 200 Buah
Tempat Parkir Luas
Keamanan dan Petugas Parkir
Listrik 20.000 Watt + Genset
Surat Ijin Keramaian
Masjid dan perlengkapan akad
19 Pussenkav Jl. Gatot Subroto 1000 Masjid

Sepasang Nama, Sepenggal Cerita

Jadi, hari ini tanggal 1 April 2016, dengan semringah saya sebarkan undangan pernikahan saya ke teman-teman kantor saya. Satu reaksi dari mereka: terkejut. Kayaknya ga ada yang nyangka gitu saya nikah, haha.

Lalu, apa sajakah pertanyaan yang terlontar dari para wartawan dadakan Perusahaan Listrik Negara? Benarkah saya akan menikah? Mampukah saya menikah? Bagaimana kisah dan cerita cinta di balik pernikahan saya? Simak FAQ berikut ini, semua akan dikupas tuntas dengan tajam setajam arus listrik.

Q: Jadi, siapa wanita khilaf (beruntung) itu?
A: Trianasari Puspadewi (panggil dia Ana, tapi jangan panggil saya Elsa).

Q: Orang mana sih dia?
A: Orang Bandung asli, sama dengan saya. Jalan kaki dari rumah saya ke rumah dia cuma 10-15 menit (pelajaran mblo: jodoh itu kadang begitu dekat, coba mulai lebih aware sama lingkungan terdekat).

Q: Dia satu kampus sama kamu?
A: Enggak, bahkan dia baru mulai kuliah ketika saya udah selesai.

Q: Dia beda berapa taun sama kamu? Usia kamu berapa sih sekarang?
A: Dia empat tahun lebih muda. Usia saya sekarang 28.

Q: Yang kamu bakal nikahin bener-bener cewek kan?
A: Hmm, saya pikir sih iya. Kalo bukan, trus gimana? Haha. *kidding*

Q: Coba, gimana sih cerita ketemunya?
A: Jadi saya pertama kali ketemu kakaknya Ana di tahun 2009, namanya Eka Gunawan. Kenal karena sama-sama pengajar les privat. Usia saya dan Eka cuma terpaut 3 hari, dan kita deket banget.

Pas kuliah saya kan suka jualan macem-macem, termasuk kue lebaran (biasa mahasiswa cari duit plus pengalaman). Nah, saya dulu suka nawarin kue lebaran ke ibunya dia. Jadi saya main dong ke rumahnya. Selain beli kue lebaran, ibunya juga menawarkan barangkali mau tukar uang untuk bagi-bagi THR. Saya jadi deket banget sama keluarganya sejak saat itu. Termasuk Ana. Kadang saya main ke rumahnya (atas permintaan ortunya) untuk misal kasih Ana motivasi terkait perkuliahan (ketika bertamu ada ortunya juga).

Pernah waktu itu saya lagi mau liburan sama kakak saya mau backpackeran ke beberapa tempat, dan kamera kami ternyata rusak, sementara tiket udah dibeli untuk besok. Jadi akhirnya pinjam deh ke Ana, jadi pas balikin ada ‘sekalian’ ngasih oleh-oleh gitu ahiiw.

Q: Gimana kamu nembak dia?
A: Pake bazooka. Ya ngga lah yaaa. Jadi, Oktober 2015, saya udah istikharah dan mantap sama dia. Ternyata, dia ultah bulan itu, jadi saya beliin kado dan bawa ke rumahnya. Pas sampe rumahnya, yang ada hanya ibunya. Jadi saya sampaikan saja kado via ibunya, sekalian menanyakan bagaimana status Ana. Ibunya bilang bahwa ada yang dekat, tapi secara status masih available. Lalu saya utarakan maksud saya untuk serius menjalin hubungan sama Ana. Ibunya menangis (entah krn bencana/anugerah? Hehe). Lalu ia berkata bahwa niat suci ini akan disampaikan kepada Ana. Esoknya saya sudah dapat kabar dari ibunya (dan kakaknya) bahwa Ana menyambut niat saya ini dengan baik.

Q: Ternyata dia ultah? Jadi kamu sebenernya asalnya ga tahu apa-apa soal Ana sampe tanggal ultahnya aja ga ngeh?
A: Haha. Tadinya mau bilang “kebetulan dia ultah bulan itu”. Tapi saya suka menghindari penggunaan kata “kebetulan”.

Q: Ohya, denger-denger kamu langkahin kakak kamu yang cewe. 
A: Hmm, ya begitulah. Tp dia happily dukung saya kok. Moga dia jodohnya disegerakan juga ya, aamiin. (Kalo ada cowok yg mau dikenalin ke dia, tolong kabari saya ya, hehe)

Q: Oke, balik lagi dulu. Udah istikharah aja, emangnya yang kamu suka dari Ana apa sii?
A: Apa ya. Baik, mau nerima saya, siap hidup berdasar Al-Qur’an & sunnah, gitu-gitu deh.

Q: Nah, terus kok Ana mau-maunya nerima kamu??
A: Hmm, gatau ya :)). Mungkin karena saya manis. Atau mungkin dia lupa minum obat. Wkwk. *kidding*

Q: Terus, kamu pacaran?
A: Enggak, kita (ceritanya) ta’arufan. Kami menghindari “kejadian”.

Q: Ow.. Terus, kapan lamarannya?
A: 31 Januari 2016.

Q: Nanti abis nikah gimana?
A: Nah, sekarang Ana itu kerja di sebuah biro arsitek di Bandung. Setelah nikah, nanti dia ngikut ke Jakarta. Kami memutuskan untuk sama-sama berjuang di satu kota. Dia rencana nyari kerja arsitek di Jakarta. Kalau ada yang mau share info lowongan biro arsitek di Jakarta, leh uga!

Q: Wow, congrats deh. Lalu nikahnya kapan dan dimana?
A: 16.04.16, 11am-02pm, Graha LEN Bandung (-6.949276, 107.619524).

Q: Siapa aja yang diundang ke nikahannya?
A: Temen skolah, temen kuliah, temen kantor, dan pastinya kamu. Iya, kamu 🙂

Q: Eh tunggu. Sekarang 1 April ya, undangan ini bukan April mop, kan?
A: Bukan dong 🙂 Mohon do’a restu dan kedatangannya, tiada kesan tanpa kehadiranmu 🙂

The (going to be) happiest man in the world and the bride (to be):

BBS_0369

Lelang Akhir Tahun

Bpk/Ibu/Teman-teman sekalian, saya dan teman-teman saya punya beberapa barang yang masih bagus (banyak di antaranya masih baru). Dikarenakan kita sudah punya atau dapat dari Door Prize dan agar barang-barang tersebut dapat digunakan dengan maksimal, maka kami hendak menjual atau melelangnya. Berikut daftar barang-barang tersebut:

DILELANG

Kode: L1
Borgol Tangan (sold out)

Kode: L2
Tas kecil gendong (sold out)

Kode: L3
Angklung (sold out)

Kode: L4
File Folder (sold out)

=============================================
DIJUAL

Kode: J1
Yong Ma MC-300, Tersedia 2 buah. (sold out)

Kode: J2
Brica B-PRO5 alpha edition, dijual di harga 1 juta.
Alasan dijual: dapat dari doorprize (Bisa COD)

Kode: J3
Shea Body Mist 100 ml merk Body Shop. (tidak jadi dijual)

Kode: J4
Silkening Body Splash Fruit Punch 250 ml, merk Champagne (sold out)
=====================================================

Apabila tertarik atau ingin info lebih lanjut dengan melihat gambar atau lihat barang langsung, dapat menghubungi saya via 0812-2489-734 (Whatsapp atau SMS).

 

Terima kasih.